Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tahapan Membuat Peta Kelerengan atau Kemiringan dengan Arcgis

Membuat Peta Kelerengan

Peta kelerengan atau kemiringan merupakan peta yang menyajikan informasi bentuk permukaan bumi yang menunjukan tingkat kemiringan suatu lahan berdasarkan persen (%) atau derajat (o).


Untuk Membuat Peta Kelerengan, data yang perlu di siapkan adalah

1. Data DEM (Digitasi Elevation Model) dapat mendownload disini

2. Data Shapefile area yang akan di kaji ( Area Of Interest) dapat mendownload disini  lalu temen-            temen pilih lokasi yang sesuai

3. Aplikasi Arcgis 10.8 dapat mendownload disini


Ada 5 Tahapan membuat peta kelerengan sebagai berikut :

1. Ubah Sistem Koordinat

Hasi DEM yang didownload dari DEMNAS berupa data Raster yang tidak memiliki sistem koordinat, untuk itu harus membuat dan merubah system koordinat menjadi UTM.

2. Pemotongan sesuai area

Ketika DEM hasil Download DEMNAS diinput di arcGis akan berupa kotak-kotak yang memiliki luasan yang cukup besar di bandingkan dengan AOI nya. Jadi harus dilakukan pemotongan di Image Analysis. 

3. Slope dan Pengkelasan /Reclassify

Tujuan dilakukannya Slope terhadap AOI ( Area Of Interest) atau areal yang dipetakan adalah untuk membuat kemiringan atau kelerengan berdasarkan persen atau derajat.

Pengkelasan dilakukan untuk melihat perbedaan kelas kelerengan pada suatu wilayah. Adapun nilai pengekalasan ini berpedoman pada Pedoman Penyusunan Pola Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah, 1986.

4. Konversi Raster ke Polygon

Data hasil slop dan pengkelasan di Reclassify masih berupa data raster, jadi harus di ubah ke polygon agar bisa dihitung luas tiap-tiap kelas ketinggian itu.

5. Pembuatan Warna Kelerengan

Warna ketinggian akan menampilkan perbedaan kelas Kelerengan berupa berbeda warna. Ini membuat kita akan lebih mudah memahami perbedaan kelas kelerengan pada suatu area.

            Berikut Video Tutorial Membuat Peta Kelerengan :

Posting Komentar untuk "5 Tahapan Membuat Peta Kelerengan atau Kemiringan dengan Arcgis"