Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Shapefile Tipe Batuan Seluruh Indonesia

Batu adalah benda alam yang tersusun atas kumpulan mineral penyusun kerak bumi yang menyatu secara padat maupun yang bergesekan. Pembentukan batu merupakan hasil proses alam. Batu atau batuan yang kita lihat dimana-mana itu, ada yang sama warna dan jenisnya, tetapi juga banyak yang berbeda. Tidak mengherankan apabila batuan merupakan bagian utama dari Bumi kita ini.

Berdasarkan persamaan dan perbedaan tadi, maka kita berupaya untuk mengelompokannya. Dari hasil pengamatan terhadap jenis-jenis batuan tersebut, kita dapat mengelompokkannya menjadi tiga kelompok besar, yaitu (1) batuan beku, (2) batuan sedimen, dan (3) batuan malihan atau metamorfis. Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli Geologi terhadap batuan, menyimpulkan bahwa antara ketiga kelompok tersebut  terdapat hubungan yang erat satu dengan lainnya, dan batuan beku dianggap sebagai “nenek moyang” dari batuan lainnya. Dari sejarah pembentukan Bumi, diperoleh gambaran bahwa pada awalnya seluruh bagian luar dari Bumi  ini terdiri dari batuan beku. Dengan perjalanan waktu serta perubahan keadaan, maka terjadilah perubahan-perubahan yang disertai dengan pembentukan kelompok-kelompok batuan yang lainnya. Proses perubahan dari satu kelompok batuan ke kelompok lainnya, merupakan suatu siklus yang dinamakan “daur batuan.

Pada halaman ini kami akan memaparkan jenis jenis batuan yang tersebar diseluruh Indonesia yang akan kami tampilkan berupa File data Shapefile (SHP) yang nantinya data ini dapat digunakan untuk membuat Peta Tipe Batuan untuk daerah Seluruh Indonesia atau Daerah tertentu. Untuk mengetahui isi dari file Shapefile tipe batuan ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan Beranda di Arcgis

Tampilan Isi Attribut Tabel

Untuk Mendownload Shapefile Tipe Batuan Seluruh Indonesia, klik gambar di bawah ini.

Semoga Artikel Ini bermanfaat untuk kita semua



Posting Komentar untuk "Download Shapefile Tipe Batuan Seluruh Indonesia"