Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Peta Ketinggian

 Cara Mudah Membuat Peta Ketinggian / Topografi dengan Arcgis

Peta Ketinggian atau topografi merupakan peta yang menyajikan informasi bentuk permukaan bumi dengan perbedaan kelas ketinggian sehingga akan tampak jalur jalur sungai ataupun aliran anak sungai serta banyak informasi yang dapat diperoleh dari peta ketinggian atau topografi ini. 

 

Untuk Membuat Peta Ketinggian, data yang perlu di siapkan adalah

1. Data DEM (Digitasi Elevation Model) dapat mendownload di Sini

2. Data Shapefile area yang akan di kaji ( Area Of Interest) dapat mendownload di Sini

3. Aplikasi Arcgis 10.8 dapat mendownload di Sini

Ada 5 Tahapan membuat peta ketinggian sebagai berikut :

1. Ubah Sistem Koordinat

Hasi DEM yang didownload dari DEMNAS berupa data Raster yang tidak memiliki sistem koordinat, untuk itu harus membuat dan merubah system koordinat menjadi UTM.

2. Pemotongan sesuai area

Ketika DEM hasil Download DEMNAS diinput di arcGis akan berupa kotak-kotak yang memiliki luasan yang cukup besar di bandingkan dengan AOI nya. Jadi harus dilakukan pemotongan di Image Analysis. 

3. Pengkelasan /Reclassify

Pengkelasan dilakukan untuk melihat perbedaan kelas ketinggian pada suatu wilayah. Adapun nilai pengekalasan ini berpedoman pada PERMENPU No.20/Prt/M/2007

 4. Konversi Raster ke Polygon

Data hasil pengekelasan di Reclassify masih berupa data raster, jadi harus di ubah ke polygon agar bisa dihitung luas tiap-tiap kelas ketinggian itu.

5. Pembuatan Warna Ketinggian

Warna ketinggian akan menampilkan perbedaan kelas ketinggian berupa berbeda warna. Ini membuat kita akan lebih mudah memahami perbedaan kelas ketinggian pada suatu area.

Jika Temen-temen ingin data Shapefile daerah lain, tolong berkomentar di kolom komentar, nanti akan saya tampilkan shapefile tersebut pada bagian BAHAN SHAPEFILE.

Berikut Video Tutorialnya:

Cara Mudah Membuat Peta Ketinggian / Topografi dengan Arcgis

Posting Komentar untuk "Membuat Peta Ketinggian"