Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TUTORIAL PENGOLAHAN DATA DRONE LENGKAP


Pada halaman ini akan menampilkan tahapan dalam menggunakan Drone dari perencanaan sampai dengan pengolahan data menggunakan Aplikasi Arcgis. Adapun tahapannya sebagai berikut :

a. Membuat Jalur Terbang

Jalur terbang sangat penting untuk di buat sebagai tahap awal perencanaan sebelum kita melakukan drone. Dengan adanya jalur terbang maka akan memudahkan kita untuk pengoperasional dilapangan tanpa harus tergantung oleh jaringan internet. Sebab jika ketika dilapangan dan sinyal internet tidak ada maka akan kesulitan dalam membuat jalur terbang. Untuk itu sebelum melakukan drone kelapangan kita sebaiknya membuat jalur terbang. Pada halaman ini pembuatan jalur terbang drone menggunakan aplikasI Google Eart. Untuk lebih mengetahui bagaimana cara membuat jalur terbang drone dengan google earth, yuuks simak videonya

b. Melakukan Kompres Foto Hasil Drone

Setelah proses pengambilan foto hasil drone di lapangan sudah selesai, maka hasil foto yang diperoleh tentunya memiliki resolusi yang tinggi dan tak jarang banyak laptop dan computer tidak kuat ataupun loadingnya lama ketika mengolah data hasil drone, untuk itu sebuah kompres foto sangat diperlukan sebelum kita melakukan pengolahan data hasil drone di Agishoft.

Namun setelah dilakukan kompres foto maka kualitas foto tersebut akan berkurang cukup drastis. Namun ada juga aplikasi yang khusus untuk kompres foto tanpa mengurangi kualitas foto hanya saya ukuran foto saja yang berubah.

Untuk lebih mengetui bagaimana kompres foto yuuks simak videonya

c. Mengolah data drone di Agishoft

Agisoft Metashape merupakan software yang digunakan untuk mengolah data foto udara dan menghasilkan data spasial dalam bentuk 3D untuk kemudian dibuat menjadi peta dengan berbagai macam tema dan dengan kualitas gambar resolusi tinggi. SGTGeomedia telah beberapa kali mengerjakan pekerjaan foto udara dengan UAV dan diolah menggunakan Agisoft.

Adapun langkah – langkah pada video Tutorial Agisoft ini adalah sebagai berikut

1.    Import Foto dan Rekonstruksi Jalur Terbang

2.    Align Foto

3.    Pembangunan Titik Tinggi (Dense Point Clouds)

4.    Pembanguan Model 3D (Mesh)

5.    Pembangunan Model Texture

6.    Pembangunan DEM

7.    Pembangunan Orthofoto

Untuk lebih memahami cara Mengolah data drone di Agishoft, yuuks simak video nya 

d. Menggolah Data drone di Arcgis

Adapun data hasil drone yang di olah di Agishoft masih berupa data Tiff, dan Ortho data ini masih berupa data mentahan yang belum bisa di layout peta. Sehingga perlu Aplikasi Arcgis untuk pengolahan lanjutan.  

Untuk lebih memahami cara Menggolah Data drone di Arcgis, yuuk simak videonya 

e. Mengubah DSM ke DTM

DSM atau Digital Surface Model adalah model permukaan bumi dengan menggambarkan seluruh objek permukaan bumi yang terlihat seperti keadaan nyata yang terlihat dari foto.

DTM atau Digital Terrain Model sebenarnya identik dengan DEM, DTM adalah model permukaan bumi dengan menggambarkan bentuk elevasi dari tanah sedangkan objek diatas tanah hilang.

Untuk lebih memahami cara mengubah data dari DSM ke DTM yuuk simak videonya

f. Membuat Data Lereng dari Drone

Data lereng ini diperoleh dari hasil data drone yang sudah di olah dan diubah yang semula datanya berupa DSM lalu di ubah menjadi Data DTM, dari data DTM itulah dapat dibuat data lereng.

Untuk lebih memahami cara membuat data lereng dari drone yuuk simak videonya

h. Membuat Data Kontur  dari Drone

Data lereng ini diperoleh dari hasil data drone yang sudah di olah dan diubah yang semula datanya berupa DSM lalu di ubah menjadi Data DTM, dari data DTM itulah dapat dibuat data kontur.

Untuk lebih memahami cara membuat data kontur dari drone yuuk simak videonya


Jangan Lupa Sempatkan Untuk LIKE SUBSCRIBE dan SHARE ke temen-temen lainnya

Posting Komentar untuk "TUTORIAL PENGOLAHAN DATA DRONE LENGKAP"