Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Prediksi Tingkat Resapan Air Menggunakan Arcgis

Peta Prediksi Tingkat Resapan Air Menggunakan Arcgis

Daerah resapan air adalah daerah tempat meresapnya air hujan ke dalam tanah yang selanjutnya menjadi air tanah. Proses infiltrasi berperan penting dalam pengisian kembali lengas tanah dan air tanah. Proses infiltrasi ialah proses mengalirnya air yang berasal dari air hujan masuk kedalam tanah (Asdak, 2010). Daerah resapan air didaerah perkotaan ini sangat penting keberadaannya, dimana daerah resapan air ini dinilai sangat penting untuk melestarikan sumber daya air tanah maupun menciptakan keseimbangan sumber daya air lingkungan. Apabila lahan yang berfungsi sebagai resapan air ini mengalami penurunan yang terus menerus, maka akan menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan, seperti tingginya volume air larian permukaan, yang mana apabila jumlahnya lebih besar daripada debit tampungan DAS yang ada pada wilayah tersebut, maka dapat mengakibatkan terjadinya banjir lokal (Niswatul, 2013).

Pada kesempatan ini kita akan membuat Peta Prediksi Tingkat Resapan Air Menggunakan Arcgis, dimana dalam pembuatan peta ini kami berpedoman kepada PERMENPU RI Nomor 02 Prt-M-2013 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air dan  Jurnal – Analisis Pemanfaatan Ruang pada Kawasan Resapan Air di Kelurahan Ranomuut Kecamatan Paal Dua Kota Manado.

Tujuan membuat peta resapan air adalah untuk menentukan daerah resapan air di daerah yang dipetakan menggunakan aplikasi sistem informasi geografis dan untuk mengetahui persebaran kondisi daerah resapan air di daerah yang dipetakan

Manfaat dari peta resapan Air adalah untuk memberikan informasi tentang agihan spasial bagi peresapan air tanah di wilayah yang dipetakan, dan dapat digunakan untuk pemenuhan keperluan penyediaan kebutuhan air tanah bagi daerah tersebut.

Untuk Keperluan bahan Literatur Resapan Air dapat klik disini

Untuk Keperluan Bahan Shapefile dapat klik disini

Untuk Lebih Mengetahui Cara Membuat Peta Prediksi Tingkat Resapan Air, dapat melihat video ini

Posting Komentar untuk "Peta Prediksi Tingkat Resapan Air Menggunakan Arcgis"