Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menggabungkan Polygon dengan Polyline (Garis) di Arcgis

Cara Mudah Menggabungkan Polygon dengan Polyline (Garis) di Arcgis

Sebelum memasuki langkah utama dalam penggabungkan Polygon dan Polyline (Garis) ada baiknya kita mengulang sedikit pengertian konsep dasar polygon dengan Polyline (Garis).

Polygon merupakan suatu objek tertutup yang memiliki luas.

Polyline (Garis) merupakan suatu objek yang terbentuk oleh dua titik koordinat atau lebih lalu terhubung menjadi segmen-segmen lurus, dan tidak memiliki luas.

Dari 2 pengertian konsep dasar diatas, sudah jelas perbedaan antara polygon dengan line. Sekarang kita ingin menggabungkan 2 objek yaitu polygon dengan line, maka Timbul Pertanyaan apakah bisa bergabung atau digabungkan antara polygon dengan line (garis)?

Jawabannya Tidak dan Bisa

Tidak, jika hanya melakukan penggabungkan dengan merge atau union secara langsung maka tidak bisa di lakukan karena konsep dasarnya polygon memiliki luas sedangkan line tidak memiliki luas.

Bisa, kita sudah mengetahui konsep dari kedua objek ini (polygon dan line), sehingga kita perlu menyamakan salah satunya, misalnya polygon memiliki luas, line tidak memiliki luas, jadi kita buat line memiliki luas dengan cara buffer, tetapi nilai buffernya kita buat nilai minimal untuk syarat saja, disini untuk nilai buffer line kitab isa pakai 0,5 meter, setelah line memiliki luasan, baru kita gabungkan polygon dengan line yang Sudah memiliki luasan itu.

Untuk lebih memahami bagaimana cara menggabungkan Polygon dengan Line di Arcgis, yuuks simak video dibawah ini

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menggabungkan Polygon dengan Polyline (Garis) di Arcgis"