Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghitung Tingkat Kerawanan Volume Limpasan Air Permukaan Mneggunakan Arcgis

Assalamualaikum wr wb. Terima kasih kepada teman2 yang hadir dan mampir di warung mapping. Sebelumnya kita sudah membahas tutorial penyusunan peta prediksi rawan limpasan dengan menggunakan metode Curve Number, naah sekarang kita akan memberikan Tips dalam Menghitung Tingkat Kerawanan dari Volume Limpasan Air Permukaan

Ketika kita hendak Menghitung Tingkat Kerawanan dari Volume Limpasan Air Permukaan, yang harus kita lakukan adalah kita buat interval kerawanan. Untuk membuat Tingkat tersebut disini kita mengacu kepada salah satu Jurnal, sesuai dengan gambar dibawah ini, untuk jurnalnya dapat download disini (klik tulsain disini)

Pada jurnal Geosains dan Remote Sensing (JGRS) Vol 3 No 2 (2022) 60-69 dengan judul Analisis Spasial Tingkat Kerawanan Banjir di Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon, ini kita hanya fokus pada rumus interval Tingkat kerawanannya yaitu l=R/K. setelah di lakukan penghitungan dengan rumus tersebut maka diperolehlah data sebagaimana gambar berikut :

Nilai ini kemudian di kelompokkan sesuai dengan tingkatnya yaitu 1 tingkat Tidak Rawan, 2 tingkat Kurang Rawan, 3 tingkat Tingkat Sedang 4, Tingkat Rawan dan 5 tingkat Sangat Rawan.

PERLU DIINGAT temen-temen nilai diatas itu merupakan pembagian dari areal yang luas yaitu DAS yang mencakup didalamnya itu beberapa wilayah kabupaten, jika ingin lebih detil dalam penetuan Tingkat kerawanan maka sebaiknya lakukan penghitungan Tingkat kerawanan per Kecamatan dengan rumus yang sama seperti diatas yaitu l=R/K. 

Setelah selesai dalam pengelompokan data sesuai Tingkatannya, maka lakukan dissolve yang bertujuan untuk mengkelompokkan nilai yang sama sehingga mengurangi jumlah table pada table atribut dengan demikian kita akan lebih mudah dalam pembacaan data nya.

Untuk penyajiaan data dari Tingkat kerawanan ini temen-temen bisa mengunakan MO EXCEL untuk pembuatan tabel disana dan atau ingin menambahkan diagram. Atau temen-temen juga bisa menggunakan arcgis yang dapa ditampilkan berupa petal alu tabel dan diagramnya dapat diambil dari EXCEL.  Pada tutorial ini kita memberikan TIPS nya hanya sampai pada pengelompokan Tingkat kerawanan pada tiap-tiap kabupaten tidak sampai pada peta jadi yang siap di print. 

Untuk lebih jelas dalam Menghitung Tingkat Kerawanan dari Volume Limpasan Air Permukaan, temen-temen dapat melihat video dibawah ini

Posting Komentar untuk "Tips Menghitung Tingkat Kerawanan Volume Limpasan Air Permukaan Mneggunakan Arcgis"